Tips Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Android Anda

Tips Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Android Anda - Ketika anda membeli ponsel pintar Android, tentu anda akan disuguhkan dengan performa terbaik dari ponsel baru anda. Namun seiring dengan berjalannya waktu, ponsel android yang dulunya cepat dan lancar kini menjadi lambat bahkan sangat lambat seperti ketika hendak membuka menu dan membuka aplikasi dan game.

Tips Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Android Anda

Biasanya faktor yang paling mempengaruhi kecepatan dan performa sebuah samrthphone adalah:
  • RAM yang kecil seperti 512MB.
  • Kecepatan prosessor yang masih memiliki kecepatan 1Ghz.
  • Versi Android yang digunakan.
saya rasa itulah beberapa faktor yang saya ketahui, dan memang faktor-faktor diatas hanya dimiliki ponsel Android versi lawas, tapi meskipun trik ini sangat berguna bagi pengguna ponsel lawas namun juga bisa diterapkan pada ponsel generasi terbaru saat ini yang notabene mempunyai spesifikasi Hardware yang lumayan tinggi.Berikut  Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Android Anda.
  • Menutup Aplikasi Yang Berjalan Secara Background
 Maksud dari kata " Aplikasi Yang Berjalan Secara Background " adalah aplikasi yang belum benar-benar tertutup ketika anda keluar dari sebuah aplikasi atau game. Hal ini merupakan salah satu hal yang memengaruhi kinerja ponsel anda, kenapa aplikasi tersebut tidak tertutup secara penuh? ini biasanya terjadi ketika anda langsung menekan tombol home dan back yang biasanya terdapat di ponsel Android anda


Cara melihat aplikasi yang berjalan secara background adalah dengan cara menahan tombol home (samsung) dan ambil bagian RAM dan kemudian clear memori atau cara yang lebih pasti anda bisa menggunakan Task Killer yang mampu dengan mudah mematikan aplikasi atau game yang sedang berjalan tapi tidak terlihat.
  • Non Aktifkan Autoupdate
Update merupakan salah satu hal yang penting bagi aplikasi anda,biasanya update berisi perbaikan bug ( kesalahan ) atau penambahan-penambahan fitur terbaru dari developer aplikasi. Namun jika anda memiliki banyak aplikasi kesayangan tentu smartphone anda akan sering melakukan update secara otomatis. sehingga kinerja ponsel akan terkuras, dan cara untuk mematikan fitur update secara otomatis, anda bisa menemukan dengan searching triknya di Internet.
  • Hapus Yang Dirasa Tidak Perlu
Jangan terlalu banyak menginstall aplikasi di ponsel Android anda, karena memori anda akan penuh yang akan membuat kinerja ponsel anda menjadi lambat, maka dari itu hapuslah aplikasi yang jarang atau tidak pernah anda gunakan dan apabila diperlukan anda bisa mendownloadnya lagi atau jika anda hobi berfoto dan merekam berbagai momen anda bisa memindahkannya ke komputer atau Laptop anda sehingga memori tidak akan penuh.
  • Terapkan Fitur Autobrightness & Hilangkan Autorotate 
Kemewahan dan kecanggihan sebuah ponsel Android salah satunya bisa terlihat ketika anda memutar atau memiringkan posisi ponsel maka layar akan ikut terputar mengikuti kemana anda memutar posisi smartphone anda. Namun ini juga merupakan salah satu hal yang bisa memperlambat kinerja ponsel anda, maka lebih baik anda mematikan fitur tersebut.

 Dan fitur selanjutnya ada fitur Autobrightness yang mampu mengatur kecerahan layar dan fitur ini juga mampu menghemat baterai anda, namun fitur ini hanya akan lebih efektif jika digunakan pada ponsel berspesifikasi tinggi, pada ponsel dengan spesifikasi yang rendah fitur ini akan terasa memberatkan karena fitur ini akan memerlukan proses untuk menyesuaikan kecerahan layar di sekitar anda dengan kecerahan layar ponsel.
  • Hapus Cache Aplkasi 
 Setelah beberapa waktu menggunakan aplikasi yang sudah diinstal , tentu aplikasi akan menuliskan cache pada ponsel anda sehingga memerlukan proses yang memangkas sumber daya dan memperlambat kinerja ponsel, kini anda bisa menghapus dengan cara otomatis maupun menggunakan fitur auto clear menggunakan aplikasi Cache CCleaner, untuk fitur manual anda hanya dengan beberapa ketukan dan klik clear all.

Dan jika menggunakan fitur auto celar, aplikasi ini tentu akan berjalan secara background untuk menghapus cache aplikasi anda secara terjadwal.

Jadi itulah tips yang membuat kinerja ponsel anda menjadi lebih cepat, semoga artikel Tips Cara Meningkatkan / Mempercepat Kinerja Android Anda bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel