Inilah 10 Tips Cara Amankan Akun Facebook Dari Peretas



Pengguna facebook sekarang ini dari ke hari bertambah banyak yang menggunakan facebook di seluruh dunia, Bahkan pengguna facebook sudah memiliki pengguna aktip mencapai 1 milyar yang terdaptar di facebook di seluruh dunia, Indonesia sendiri peringkat 2 pengguna facebook terbanyak di asia dengan pengguna facebook sekitar 70 juta lebih.

Seiring itu, dengan menggunakan media sosial facebook kita bisa mudah berkomunikasi dan berbagi info sesama teman atau pun saudara yang sudah memiliki akun  facebook. Nah' namun dari segi keamanan facebook harus jug kita perhatikan jua agar akun facebook kita tidak aman di waktu di gunakan di dunia maya dari peretas yang tidak bertanggung jawab dengan mengambil ahlih facebook kita.

" Baca Juga" Cara menghubungkan Facebook Dengan Twitter


Di sini kita akan bahas tips dan cara agar akun kita aman dari hack orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kebiasan para pengguna facebook tidak memperhatikan keamanan facebook yang dia miliki ketika menggunakan facebook. Baik dari pembuatan passwod maupun mengakses dari perangkat lain yang rentang di salah gunakan orang yang tidak bertanggung jawab.



Cara nya bagaimana ? mungkin pertanyaan itu akan muncul di pikiran kamu, nah 'menjaga agar akun facebook kita aman dari tangan tangan jahil bisa kita lakukan tips berikut ini.

1. Buat password yang rumit

Kebanyakan para pengguna facebook membuat password facebook asal-asalan  menggunakan password dengan nama atau angka yang mudah di tebak orang seperti 12345. Sehingga kalau menggunakan password dengan angka berurutan dan nama akan memudahkan orang untuk mengetahui sandi  facebook kita. Jadi buatlah password yang susah di tebak orang, dan kalau bisa buat agak panjang dengan gabungan karakter angka dan abjad yang rumit sehingga susah di tebak.

2. Jangan tampilkan info propil yang lengkap

Usahakan jangan menampilkan propil facebook dengan lengkap, seperti info nomor telepon dan alamat email dan tanggal lahir  di propil facebook, kalau pun di buat hanya kita saja yang beleh lihat dengan mengaktipkan setelan pribadi di facebook. Karena kalau kita tampilkan propil dengan sedetil nya bisa jadi celah bagi peretas yang jahil menyalah gunakan akun facebook kita dengan info pribadi kita di propil.

3. Keluarkan facebook setelah selesai

Setiap kita menggunakan akun facebook usahan setelah bermain facebook di perangkat smartphon dan komputer, ataupun di browser lain segera keluarkan akun facebook mu kalau tidak di gunakan lagi. Kalau tidak kita keluarkan bisa saja orang lain mengakses facebook tampa seizin kita.

4. Jangan simpan pssword otomatis

Kalau kamu sering mengakses facebook melalui browser Operamini dan crhome di smartphone biasa nya  akan menyimpan sandi secara otomatis.  Maka dari itu jangan perna ijin facebook kita menyimpan password secara otomatis di beowser tersebut. Cara nya kamu bisa aktipkan di setelan aplikasi dengan menonaktiokan simpan saandi otomatis.



5. Cadangkan nomor kontak facebook

Di facebook kita bisa mencadangkan nomor kontak seperti email facebook yang kita gunakan mengakses facebook. Cara mencadangkan nomor kontak akun facebook kita bisa menggunakan akun facebook teman atau saudara yang kita percayai. Tujuan menggunakan cadangan kontak facebook ini sangat berguna ketika kita tidak bisa mengakses akun facebook atau akun kita di retas. Kalau kamu tidak bisa mengakses facebook mu lagi kita bisa minta teman dan saudar tadi untuk membukan melalui akun miliki nya yang telah kita cadangan dengan akun Facebook kita tadi.


6. Aktipkan pemberitahun masuk

Dengan mengaktipkan pemberitahun facebook ini bisa mengetahui jika ada yang sedang mengakses akun facebook kita dari perangkat yang tidak di kenal. Cara mengaktipkan pemberitahun ini bisa di lakukan dengan mengaktipkan nya di pengaturan facebook. Setelah itu pilih keamanan dan buat kode keaman nya dengan tulisan apa saja yang bisa kamu ingat ketika masuk dari perangkat lain.  Dengan mengaktipkan pemberitahuan ini kita kan mengetahui jika ada seseorang yang mengakses akun facebook dari perang yang kita tidak kenal.

7. Jangan sembarangan kompirmasi teman

Di facebook kita bebas berteman dengan siapa saja, namun hal itu  tak di pungkiri kalau kita tidak kenal dengan seseorang yang ingin kompirmasi perteman sama kita bisa mencuri atau meretas akun facebook kita. Usahakan kompirmasi teman yang kamu kenal saja di facebook.

8. Hindari masuk grup  facebook

Jangan masuk kedalam grup facebook yang tidak jelas penggunan nya. Karena di dalam grup sering terdapat tautan spam yang bisa mencuri passwod facebook kita ketika di klik tautan tersebut akan membawa kita ke sebuah website, Sehingga kita di suruh untuk memasukan kata sandi dan email facebook kita. Sehingga dengan mudah peretas bisa mengetahui passwor dan email yang kita masukan di website tersebut.


9. Masuk facebook menggunakan handphone sendiri

Sering  kali seseorang masuk atau membuka akun facebook dari handphone orang lain ketika handphone kita tidak memiliki kouta internet untuk mengakses media sosial sepeti facebook. Sehingga kita meminjam handphone teman atau orang lain untuk masuk ke facebook, Cara ini bisa membahayakan kemanan akun facebok kalau di buka di handphone yang bukan milik sendiri. Karena akan meninggal kan jejak history atau riwayat  facebook yang  di buka dari perangkat handphone orang lain. Bisa saja celah ini di mamfaatkan orang untuk mengakses facebook mu tampa seijin dari kita. Maka dari itu bukalah facebook dari handphone   sendir jangan  dari milik orang lain.


10. Jangan sembarang like

Menyukai status atau like di beranda facebook ataupun halaman  mungkin sering di lakukan para pengguna facebook. Tapi hal ini bis juga satu celah peretas untuk mengakses  facebok dari menlike sebua status tautan spam atau halaman yang mengarah ke spam. Sebelum menlike status tautan di facebook baja dulu dengan teliti dan bijak.

Nah itulah 10 tips cara menjaga  keamanan dalam beselanjar di dunia maya menggunakan jejaring media sosial facebook. Semoga tips ini bermamfaat bagi pengguna facebook.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel