Macam-macam Fasilitas Internet Yang sering digunakan saat ini

Assalamualaikum wr wb

Hai, Antum semua. Udah lama nih nggak buat postingan lagi. Dan pada akhirnya saya juga sempat untuk nulis nih postingan yang tentunya harapannya bermanfaat bagi antum semuanya. Artikel kali ini mengenai FASILITAS INTERNET. Untuk lebih lanjut mari aja kita langsung ke pembahasan.

Macam-macam Fasilitas Internet Yang sering digunakan saat ini,Macam-macam Fasilitas Internet Yang sering digunakan saat ini, Fasilitas Internet, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bab 7 Fasilitas I

Manfaat Layanan Internet

 Internet dalam perkembangannya juga menyediakan beberapa manfaat layanan tertentu. Yang pastinya bertujuan untuk mempermudah penggunanya serta memberikan efek yang sangat positif, apalagi pada pekerjaan manusia. Apa saja layanan internte yang disediakan, mari kita simak :

1. Browsing/Surfing

Browsing/Surfing merupakan sebuah cara atau aktivitas yang dilakukan pengguna internet untuk mendapatkan berbagai macam informasi yang disediakan oleh internet itu sendiri.
Adapun beberapa program atau software yang sering digunakan untuk melakukan browsing diantaranya, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan lain sebagainya.

Contohnya melakukan aktivitas browsing harus menuliskan alamat sebuah situs website tersebut pada addres bar, sebagai contoh :
2. Mailing List

Untuk kalian yang ingin menyapaikan sebuah pengumuman atau sebuah event yang sedang diadakan, dengan menggunakan layanan Mailing list ini para antum semua dapat menyebarluaskan informasi tersebut dengan sangat mudah dan gampang. Layanan internet ini merupakan sebuah perkembangan dari layanan e-mail yang bertujuan untuk juga melakukan diskusi forum pada sebuah layanan. Setiap e-mail yang dikirim akan disampaiakn kepada seluruh anggota sehingga mendapatkan sebuah informasi.

Salah satu contoh situs yang meneydiakan layanan ini yaitu yahoo yang bisa anda kunjungi di www.yahoogroups.com

3. E-Mail (Electronic Mail)

E-Mail merupakan sebuah layanan yang banyak digunakan oleh para pengguna internet yang dimana e-mail ini sangat bermanfaat. E-mail ini bertujuan agar pengiriman sebuah pesan kepada seseorang dapa dilakuakan dengan cepat dan mudah, tanpa harus mengirimnya melalui layanan kantor pos.
Beberapa fasilitas yang disediakan e-mail diantaranya :

1) Penyimpanan data dalam sebuah e-mail mencakup lebih dari 1000 GB
2) Fasilitas attachment memudahkan kita untuk mengirim sebuah file yang diinginkan
3) Dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan jaringan internet
4) Dapat mengirim sebuah pesan ataupun file langsung kepada orang banyak

Dan masih banyak lagi manfaat dari e-mail ini. Pada e-mail kita bisa melakukan aktivitas layanan ini dengan cara harus mendaftar terlebih dahulu di sebuah situs website yang menyediakan layanan ini. Contohnya :

4. Inter Relay Chat (Chatting)

Inter Relay Chat merupakan sebuah layanan dimana pengguna internet dapat menggunakannya untuk kepentingan melakukan chatting kepada seseorang. Inter Relay Chat ini merupakan sebuah situs dimana pengguna tidak perlu menggunakan kata sandi lagi dalam menggunakannya, tetapi dalam urusan menu yang disediakan belum secanggih atau se-modern zaman sekarang yang dimana fungsinya juga sama untuk melakukan chatting.

5. Newsgroup

Ini merupakan salah satu fasilitas yang menggunakan layanan untuk melakukan sebuah diskusi forum yang bertujujan untuk mebhasa sebuah topik tertentu. Contoh group-group yang digunakan sebagai fasilitas ini diskusi tentang indonesia alt.internet; tentang serial tv: alt.tv.x-file, alt.tv.xena, tentang hobi : alt.filateli.rec.collection.stamps.

6. FTP (File Transfer Protocol)

Ini merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk mengirim sebuah e-mail yang disertakan juga melalui sebuah e-mail. File yang dikirim dapat berupa dokumen, gambar, video ataupun yang lainnya

7. Media Sosial

Ini juga salah satu fasilitas internet yang banyak penggunanya diseluruh dunia termasuk Indonesia. Salah satu tujuan utama fasilitas ini juga memberikan sebuah haka kepada seluruh pengguna untuk melakukan hal seperti pemebrian informasi, chatingan, memberikan sebuah gambar kejadian, video peristiwa ataupun yang lainnya sesuai dengan keinginan sang pengguna fasilitas. Tetapi hal tersebut mempunyai batas-batasan larangan seperti menyebarluaskan virus, hal-hal yang mengandung unsur-unsur SARA. Dan masih banyak lagi manfaat serta batasan-batasannya

8. Internet Fax

Fasilitas ini sangat bermanfaat sekali khusunya pada sebuah kelembagaan perusahaan. Tujuan layanan ini untuk mengirim sebuah faksimile melalui mesinnya tersebut dan dikenakan biaya sesuai dengan biaya tarif internet. Fasilitas ini sangat mempermudah pekerjaan di perusahaan terutama para sekretaris yang ingin mengirim sebuah faksimile pada jumlah yang banyak.

9. Internet Telephony
Yaitu fasilitas untuk berkomunikasi dengan suara melalui internet menggunakan fasilitas dari pesawat telepon. Pulsa yang dibayar sama dengan pulsa internet walaupun dilakukan secara SLJJ dan SLI. Software yang digunakan untuk telephony adalah Net2phone, buddytalk, media ring talk, dll.

10. Teleconference
Merupakan sebuah fasilitas yang digunakan untuk melakukan sebuah komunikasi melalui sebuah suara, gambar. Sehingga kita seperti layaknya berbicara secara langsung dengan orang tersebut. Fasilitas ini juga merupakan sebuah fasilitas dari perkembagan chatting. Ini tentunya sangat memberikan kesan yang sangat baik kepada pengguna internet. Jika seseorang rindu terhadap seseorang yang lama tidak ia jumpai fasilitas ini dapat mempermudah anda. Dan tentunya fasilitas ini membuat anda seperti berbicara dengan dirinya secara langsung.
Layanan Surat Elektronik Internet

Macam-macam Fasilitas Internet Yang sering digunakan saat ini,Macam-macam Fasilitas Internet Yang sering digunakan saat ini, Fasilitas Internet, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bab 7 Fasilitas Internet

1. Alamat e-mail
Dalam penggunaan fasilitas ini anda para antum semua atau pengguna internet harus menggunakan layanan penyedia e-mail itu sendiri. Caranya para pengguna internet harus mendafatrakan diri pada sebuah situs yang menyediakan layanan seperti www.yahoo.com, www.gmail.com, www.plaza.com, www.rocketmail.com dan masih banyak lagi lainnya. Di bawah ini merupakan sebuah cara menggunakan layanan situs e-mail khusunya gmail.
1. Buka program Browser
2. Ketik www.gmail.com
Tunggu beberapa saat, dan setelah muncul halaman beranda tekan buat account atau sign up (Mendaftar)
Setelah itu akan ditampilkan sebuah halaman pengisian formulir pendaftaran:
1. Isi nama depan serta nama belakang yang antum kehendaki
2. Isi alamat gmail antum sesuai keinginan dengan syarat alamat tersebut belum terpakai oleh siapapun.
3. Isilah biodata seperti jenis kelamin, Tanggal lahir, dan juga lainnya
4. Isilah sandi atau password yang antum kehendaki dengan syarat keamanan yang sesuai kriteria
5. Isilah sebuah konfirmasi bahwa antum bukanlah sebuah robot
6. Lalu tekan tombol selesai atau Next
Setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran antum akan dibawa lagi pada sebuah halaman yang dimana merupakan halaman pengkorfimasian sebuah formulir antum tersebut.
1. Antum tinggal memberikan nomor telepon di sebuah kolom yang disediakan.
2. Tekan kirim pesan kode konfirmasi
3. Cek pesan pada hp antum yang terkirim kode konfirmasi
4. Lalu isilah kode tersebut pada sebuah kolom yang telah disediakan
Setelah selesai melakukan hal tersebut antum akan dibawa ke sebuah halaman beranda Gmail yang menandakan bahwa ntum telah berhasil melakukan pendaftaran pada sebuah situs yang menyediakan layanan e-mail tersebut.

2. Masuk Account E-mail

Sebelum berkomunikasi dengan e-mail, terlebih dahulu masuk ke alamat e-mail kalian dulu. Untuk masuk ke alamat e-mail caranya  :
1.      Buka situs Gmailcom
2.      Klik Sign In
3.      Masukkan alamat dan password e-mail yang sesuai dengan formulir pendaftaran yang antum telah cantumkan
4.      Setelah Gmail mengenali alamat dan password kalian maka Gmail akan menampilkan halaman awal/beranda dari gmail itu sendiri. Jika anda baru mendaftarkan diri pasti antum akan dibawa ke sebuah menu contoh cara penggunaan situs layanan tersebut.

3. Melampirkan Surat/Attachment

Ini merupakan salah satu contoh aktivitas yang dilakukan dalam penggunaan sebuah situs layanan penyedia e-mail tersebut. Langkah-langkah diantaranya :
1. Buka Gmail
2. Kemudian tekan Tulis Pesan
3. Jika sudah terbuka anda akan dibawa ke sebuah halaman melakukan penulisan
4. Tekan sebuah simbol penjepit kertas pada halaman tersebut
5. Lalu browser file yang anda inginkan
6. Tekan file tersebut dan tunggun beberapa saat untuk memproses file
7. Setelah selesai isi nama penerima pesan atau file tersebut
8. Lalu tekan kirim
9. File anda akan terkirim sepersekian detik sesaat penulisan pesan

C.    Percakapan melalui Internet

Selain berkomunikasi melalui e-mail, internet juga menyediakan  layanan komunikasi langsung. Percakapan melalui internet ada yang melalui teks disebut chatting ada pula dengan video disebut video call.
Bentuk percakapan yang sering dilakukan dengan internet adalah chatting. Banyak program chatting yang ditawarkan, seperti mlRC, Yahoo!Massenger, Skype, dsb. Berikut ini adalah cara chatting dengan Yahoo!Massenger (YM) salah satu program chatting yang banyak digunakan.
Syarat melakukan chatting dengan YM adalah memiliki account e-mail yahoo. Untuk memulai chatting langkah-langkahnya adalah  :
1.      Pastikan komputer kalian sudah terinstall aplikasi Yahoo!Massenger. Double klik icon YM.
2.      Masukkan username dan password (dari yahoo ID pada saat membuat e-mail). Hilangkan centang Remember My ID & Password agar data tersebut tidak terekam di komputer.
3.      Jika tidak ada masalah maka akan muncul tampilan berikut.
4.      Sekarang kalian bisa memilih sebuah Room dengan klik Messengger ?Yahoo!Chat? Join a Room.
5.      Pada kotak dialog yang muncul pilih Regional, tunggu hingga pada bagian Category muncul beberapa nama negara.
6.      Pilih Indonesia, kemudian pada bagian Yahoo! Room pilih �Indonesia�.
7.      Pilih (double klik Indonesia 3, tunggu hingga muncul kotak dialog berikut, klik Enter Chat.
8.      Ketik Nomor (kode) yang diberikan oleh Yahoo, kodenya acak. Kemudian Tekan Submit, tunggu beberapa saat hingga selesai verifikasi hingga Anda masuk (aktif) di room Indonesia3 (Anda bisa memilih room lain seperti Jakarta, bandung, Jogjakarta, dll).
9.      Kalian bisa langsung mengetik pada ruang teks jika ingin chat di public room, posisinya di bagian bawah tulisan T (atau di bawah report abuse) setelah kalian mengetik pesan untuk berkenalan atau berbincang dengan teman chat yang ada di public room, tekan tombol send disebelah kanannya untuk mengirim pesan, jika ada balasan anda bisa membalasnya lagi.
10.  Kalian bisa juga chat dalam  mode private message, pada bagian kanan double klik sebuah nama user, misalnya dina_myta, maka akan muncul kotak dialog berikut  :
11.  Kalian sudah siap untuk Chatting di Chat Room. Ketika chatting terkadang ditambahkan ikon-ikon emotion sebagai bentuk ekspresi. Beberapa ikon emotion antara lain.
12.  Untuk mengganti room chat, pada menu bar klik Chat-Changr Chat Room.
13.  Maka akan muncul kotak konfirmasi berikut. Ketik kode yang ada.
14.  Kalian bisa kembali chatting.
15.  Untuk keluar Anda bisa menutup semua kotak pesan kemudian ke menu bar, klik Messenger, klik Sign Out, agar orang lain tidak bisa menggunakan user ID Anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel