Beberapa Macam Jenis Komputer Yang Masih Ada Sampai Saat Ini


 Beberapa Macam Jenis Komputer Yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Assalamu'alaikum wr wb

Beberapa Macam Jenis Komputer Yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tautan mengenai Jenis-Jenis Komputer. Mudah-mudahan bermanfaat bagi antum semua. Dari definisi komputer itu sendiri merupakan alat penghitung yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia, seiring dengan perkembangan zaman komputer kini telah banyak membantu manusia bukan hanya dari sisi sebagai alat penghitung juga sebagai efektivitas dan efisisen dari penggunaan komputer itu sendiri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Komputer itupun terbagi atas banyak macam yang juga mempunyai kelebihan tersendiri dan pastinya hanya ia yang hanya memiliki kelebihan tersebut, Komputer juga sebagai penunjang manusia untuk melakukan banyak aktivitas yang lebih efisisen komputer juga dapat memberikan penghasilan kepada orang banyak. Jadi Komputer juga bisa dikatakan sebagai bagian dari hidup kita, karena efektivitas yang kita lakukan melalui komputer dan pada kesempatan kali ini sesuai yang telah saya katakan sebelumnya kita akan membahas macam-macam komputer yang ada dan masih banyak digunakan, mudah-mudahan bermanfaat bagi antum semuanya.

Jenis-Jenis Komputer

Secara umum, jenis-jeniskomputer terbagi atas :

a. Superkomputer

Beberapa Macam Jenis Komputer Yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Superkomputer adalah jenis komputer yang memiliki kecepatan proses paling hebat. Biasanya digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan kompleks, misalnya peramalan cuaca dan perancangan roket. Superkomputer ini tersusun atas 9.152 prosesor Pentium P6 dengan kecepatan lebih dari 1,3 trilyun instruksi per detik. Pada tahun 2004 IBM telah menyelesaikan proyek superkomputer Blue Storm dengan kecepatan 20 trilyun instruksi per detik. Superkomputer ini merupakan komputer yang memiliki kecepatan proses yang sangat besar sehingga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan ataupun aliansi-aliansi yang mempunyai proyek besar misalnya saja NASA yang juga membutuhkan suatu alat yaitu komputer yang harus mempunyai kecepatan proses yang sangat tinggi yang menunjang pekerjaan di perusahaan atau organisasi tersebut.

b. Mainframe atau Komputer Besar

Mainframe adalah komputeryang sangat besar dengan kecepatan 50 sampai 20.000 MFLOPS. Harganya mencapai jutaan dolar dan mempunyai ukuran lebih dari satu ruangan. Kegunaannya adalah menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Contoh komputer ini adalah IBM S/390. Komputer ini bentuknya seperti yang telah saya katakan sebelumnya yaitu sangat besar dari bentuknya itu juga komputer tersebut pula memiliki volume yang sanagt besar pula. Harganya pun sesuai dengan jeniskomputer ini, Bahkan komputer tersebut dapat mengisi sebuah ruangan yang besar. Jadi jika anda menggunakan komputer ini anda harus menyediakan sebuah tempat yang cukup besar untuk meletakakkan komputer ini. Tetapi hal itu sebanding dengan apa yang anda gunakan karena komputer ini dapat menangani pemrosesan data yang sangat besar jadi jika anda melakukan pemrosesan data anda dapat melakukannya sebesar mungkin untuk mendapatkan efektivitas dari komputer ini.

c. Minicomputer atau Komputer Kecil
Minicomputer sering disebut dengan sistem Midrange, merupakan mesin besar yang berdaya guna (powerfull). Biasanya melayani jaringan dengan terminal yang sederhana, sebagai server pada perusahaan berskala menengah, memiliki kecepatan 34.000 MFLOPS. Contoh komputer ini adalah IBM AS/400. Mesin berdaya guna maksudnya mesin ini dapat melakukan suatu pekerjaan dengan memanfaatkan daya gunanya artinya mempunyai guna yang banyak dan tentunya hanya dimiliki oleh komputer ini sendiri.

d. Workstation atau Terminal Kerja
Workstation merupakan mesin yang powerfull. Komputer-komputer ini mempunyai kemampuan untuk menyelesaikan aplikasi perhitungan yang rumit dengan kecepatan 50-500 MLOPS. Komputer-komputer ini menggunakan sistem operasi UNIX atau NT. Komputer jenis ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerfull seperti digital Alpha atau MIPS. Jadi jika anda mempunyai kesulitan dalam melakukan perhitungan, maka komputer ini dapat melakukannya dengan sangat mudah melalui aplikasi perhitungan yang ia miliki dengan kecepatan komputer ini. Tentunya ini sangat memudahkan pekerjaan manusia dan juga membuat efektivitas serta efisiensi dalam melakukan perhitungan.

e. Mikrokomputer 
Beberapa Macam Jenis Komputer Yang Masih Ada Sampai Saat Ini

Mikrokomputer lebih dikenal dengan personal computer/komputer pribadi, merupakan komputer yang murah dan dibuat/diproduksi secara banyak/massal. Dengan kecepatan 1-50 MLOPS. Biasanya menggunakan DOS, Windows, atau sistem operasiyang sejenis. Komputer ini digunakan untuk aplikasi-aplikasi standar. Mikrokomputer dibedakan menjadi desktop PC, Tower PC, Palmtop, PDA, dan Laptop. Jenis komputer ini banyak digunakan hamapir oleh seluruh penduduk yang ada dinuia selain lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, komputer ini juga menawarkan suatu fleksibilitas pengguna dalam membawanya kemana saja dan kapan saja. Dalam urusan peletakkan ruangan komputer ini sangat memiliki efisiensi dalam mengisi ruangan yang ada. Komputer ini juga sifatnya sangat user friendly bagi penggunanya karena dapat dipelajari dengan waktu yang tidak terlalu lama dan dalam melakukan pengoperasiannya tidak terlalu sulit yang dibayangkan bahkan pemula dapat langsung menggunakan komputer jenis ini, hal inilah yang membuat komputer ini banyak digunakan oleh penduduk di duina.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel