Inilah 20 Cara Mengatasi masalah Baterai Boros Di Smartphone Android




Sekarang ini banyak orang yang memiliki smartphone yang berbasis android dan ios. Terkadang sebagian orang mungkin belum tahu cara mengatasi baterai boros dan cepat habis. Maka di sini saya akan menjelaskan 20 cara untuk mengatasi masalah baterai boros di smartphone android berbagai jenis semua smarphone android. Cara ini mungkin bisa membantu kamu yang mana kala kesal sewaktu-waktu menggunakan smarphone kamu yang  daya tahan baterai boros dan cepat habis. 

1. MENGGUNAKAN WALPAPER BAWAAN

Beberapa smartphone mempunyai fitur live wallpaper. Fitur ini ternyata juga memakan daya baterai, tidak besar sih penggunannya tapi jika tidak terlalu penting jangan fitur ini untuk menghemat baterai smartphone kamu.
Cukup gunakan wallpaper default agar daya baterai smartphone kamu tidak cepat terkuras atau cara lain jika ingin tampilan wallpaper smartphone tetap enak dilihat , saran saya gunakanlah gambar yang berkualitas rendah atau mempunyai resolusi yang kecil

2. GUNAKAN WALPAPER WARNA HITAM

Trik ini berlaku untuk smartphone yang memiliki layar AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) pada dasarnya hanya menerangi layar yang berwarna saja.
Jika menggunakan wallpaper hitam maka layar smartphone akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang digunakan juga sedikit untuk menerangi layar yang gelap tersebut. Cara ini cukup memberi dampak yang cukup baik bagi daya tahan baterai smartphone Android yang menggunakan Layar AMOLED.
Forum XDA Developers telah melakukan percobaan kecil untuk trik menghemat baterai menggunakan wallpaper hitam ini. Hasil yang didapat dari percobaan ini dapat menghemat sekitar 6% / jam pada 20% Brightness.

3. MENGATUR TINGKAT KECERAHAN LAYAR

Mengatur kecerahan layar ini banyak dilakukan pengguna smartphone untuk mengirit penggunaan baterainya. Umumnya pada smartphone terdapat fitur auto brightness yang akan mengatur kecerahan layar secara otomatis, namun saran saya lebih baik mengaturnya dengan cara manual, karena kamu bisa mengaturnya ketingkat yang paling rendah.
Mengatur kecerahan layar serendah mungkin merupakan salah satu cara utama untuk menghemat pemakaian daya baterai smartphone, karena layar merupakan salah satu komponen yang menggunakan daya baterai yang cukup besar.
Namun cara ini baiknya dilakukan pada saat malam hari ataupun ketika kamu sedang berada didalam ruangan, karena jika berada ruangan terbuka atau dibawah terik matahari kamu mengalami kesusahan menggunakan smartphone kamu karena layarnya akan susah dilihat.
Kamu hanya perlu mengatur tingkat kecerahannya kembali agar kembali nyaman digunakan.

4. MENGATUR WAKTU TIDUR LAYAR

Lalu cara selanjutnya adalah dengan mengatur waktu hidup smartphone. Maksud dari mengatur waktu tidur smartphone adalah mematikan layar secara otomatis ketika smartphone tidak digunakan.
Pada dasarnya jika semakin lama layar smartphone menyala maka semakin banyak juga daya baterai yang digunakan. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, layar adalah salah satu penghisap daya baterai yang cukup besar.
Kamu hanya perlu mengatur jika dalam beberapa menit atau detik layar smartphone kamu akan otomatis tidur. Kalo saya sendiri melakukan pengaturan jika dalam 60 detik smartphone tidak digunakan maka layar smartphone akan otomatis tidur / padam.
Namun kamu tidak harus terpaku pada pengaturan saya, kamu bisa mengatur waktu tidur smartphone kamu lebih cepat atau lebih lama, tergantung kebutuhan kamu.

5. TIDAK MENGGUNAKAN FITUR SMART YANG TIDAK DI BUTUHKAN

Trik menghemat baterai smartphone selanjugnya adalah menonaktifkan beberapa fitur smart dismartphone yang tidak kamu butuhkan. Mungkin cara ini sedikit berat untuk kamu lakukan karena idealnya smartphone dibuat untuk memudahkan aktivitas kita.
Fitur seperti auto rotate atau rotasi layar otomatis, air gesture dan lainnya itu mungkin tidak terlalu kamu butuhkan, jika iya ada baiknya dinon-aktifkan guna menghemat penggunaan daya baterai kamu walaupun fitur tersebut nyaman digunakan.
Fitur - fitur tersebut memang tidak terlihat tapi jelas menguras banyak daya baterai smartphone.

6. MENON-AKTIPKAN MODE GETAR

Sistem getaran dismartphone ternyata menjadi salah satu penyebab cepatnya berkurang daya baterai smartphone yang lain. Mungkin kamu tidak terlalu percaya bahwa trik ini bisa menghemat penggunaan baterai smartphone.
Perlu kamu ketahui sistem getar dismartphone menggunakan motor eletrik untuk menggerakan getaran dan tentu saja ini bisa menguras daya baterai.
Jika sering digunakan maka semakin banyak pula daya listrik yang tersimpan akan terkuras. Maka dari itu Jika sedang tidak diperlukan matikan saja sistem getar dismartphone kamu baik itu untuk mode telepon, sms ataupun getaran umpan balik / haptic feedback.

7. MENGGUNAKAN  NOTIFIKASI LAYAR KUNCI

Jika layar smartphone kamu menggunakan layar AMOLED trik ini perlu kamu coba. Menggunakan notifikasi layar kunci memungkin kamu dapat melihat pemberitahuan tanpa harus membuka seluruh layar smartphone kamu.
Biasanya ada pemberitahuan yang tidak begitu penting banget masuk kesmartphone kamu, membuka layar untuk melihat notifikasi tersebut sangat menyia-nyiakan baterai smartphone dan waktu kamu.
Fitur ini tersedia pada Android versi Lollipop. Jika di smartphone kamu tidak tersedia, mungkin kamu bisa menggunakan widget layar kunci yang bisa kamu dapatkan di google play.
Dan untuk smartphone yang menggunakan iOS mungkin ada fitur lain yang sama dengan fitur ini, kamu hanya perlu mencarinya.

8. MENON-AKTIFKAN GPS, BLUETHOT, WIFI, PAKET DATA & NFC

Tips irit baterai smartphone selanjutnya adalah dengan menon-aktifkan WiFi, NFC, GPS, Bluetooth dan paket data internet kamu jika sedang tidak digunakan.
Dasarnya, jika salah satu atau semua fitur tersebut menyala maka akan menguras banyak daya baterai karena mereka akan terus menerus mencari sinyal meskipun smarphone sedang tidak kita pakai.
Maka dari itu nyalakan fitur tersebut ketika sedang dibutuhkan saja, guna menghemat daya baterai kamu agar tidak cepat habis.

9. TIDAK MENGGUNAKAN WIDGET BERLEBIHAN

Jika kamu menggunakan beberapa widget terutama berhubungan dengan internet seperti widget cuaca ada baiknya untuk menghapus widget tersebut jika benar - benar tidak dibutuhkan.
Widget lain secara terus menerus mensinkronisasi data seperti facebook, twitter, cuaca, gmail dan semuanya juga perlu kamu hapus untuk menghemat daya baterai kamu.
Sia - sia saja jika baterai habis hanya untuk kegiatan yang tidak penting. Tips ini cukup mudah dilakukan karena banyak alternatif yang bisa dilakukan untuk membuka sosial media yang saya sebutkan diatas.
Selain itu, tidak menggunakan widget secara berlebih juga dapat mengurangi beban memori sehingga mempercepat kinerja smartphone menjadi lebih cepat dan tentunya kamu akan
menghemat paket data internet .

10. MENGGUNAKAN MODE POWER SAVER

Kebanyakan smartphone keluaran terbaru saat ini mempunyai fitur mode power saver atau modus hemat baterai. Biasanya modus ini mematikan aplikasi yang berjalan dan meredupkan layar ketika smartphone dalam keadaan lowbat.
Jika fitur ini bekerja maka smartphone kamu akan bertahan lebih lama dari seharusnya.

11. MENGAKTIFKAN MODE SMART SAVING

Pada smartphone saya ASUS Zenfone 4 mempunyai fitur yang namanya smart saving. Fitur ini tentunya ada untuk menghemat baterai. Cara kerjanya adalah mematikan beberapa fitur seperti paket data dalam rentang waktu tertentu jika smartphone tidak digunakan.
Lalu ia akan otomatis mengaktifkan koneksi paket data ketika smartphone digunakan lagi. Fitur ini mungkin juga terdapat dismartphone lain mungkin hanya dengan nama yang berbeda saja. Kamu hanya perlu mengeksplore smartphone yang kamu miliki lebih jauh.

12. NON AKTIFKAN FITUR OK GOOGLE

Sebenarnya fitur ini sangat menawan dan memiliki fungsional dengan cara yang berbeda bagi saya, namun masalah timbul jika fitur besutan Google ini menyala terus menerus maka akan menyebabkan baterai cepat terkuras.
Fitur ini meskipun dalam keadaan tidur (sleep) tetap mendengar perintah yang diberikan. Jika fitur ini tidak kamu gunakan ada baiknya untuk menon-aktifkan fitur OK Google ini.
Cara menon-aktifknnya pun cukup mudah, masuk ke aplikasi penelusuran suara lalu pilih
setelan / pengaturan > suara > dan pilih "Deteksi OK Google".
Didalam pengaturan tersebut guna mendapat daya tahan baterai yang lebih lama kamu bisa mematikan semua pilihannya.

13. JANGAN TERLALU SERING GUNAKAN SMARPHONE

Seperti yang telah saya jelaskan diatas layar juga merupakan penghisap baterai yang cukup besar. Dengan itu jika semakin sering mengambil smartphone dan menyalakannya saat itu juga daya baterai dikuras.
Bukan berarti kamu tidak boleh mengecek smartphone kamu sama sekali, tapi apakah kamu akan membuka smartphone kamu tiap semenit sekali ???

14. NON AKTIFKAN NADA TOMBOL

Biar pun sedikit, penggunaan nada tombol pada smartphone ternyata juga memakan daya baterai. Untuk menghematnya kamu hanya perlu menonaktifkan nada tombol smartphone.
Saya rasa nada tombol juga tidak terlalu penting untuk digunakan , sebaiknya tidak nonaktifkan saja bro, okeey ??

15. MEMATIKAN FLASH KAMERA SMARPHONE

Jika mengambil gambar dengan intensitas cahaya yang cukup sebaiknya tidak menggunakan lampu flash pada kameranya demi menjaga daya tahan baterai smartphone kamu untuk melakukan aktivitas komunikasi penting lainnya.

16. HINDARI MELETAKAN SMARPHONE DI TEMPAT YANG PANAS

Mungkin ini terdengar aneh, perlu kamu ketahui jika smartphone dalam keadaan panas itu artinya smartphone kamu sedang mengkonsumsi daya baterai dengan cepat.
Jika kamu meletakan smartphone kamu ditempat yang panas maka temperatur smartphone akan menjadi panas dan menyebabkan baterai smartphone cepat habis.
Terkadang smartphone kamu menjadi sangat panas karena berada ditempat dengan temperatur yang tinggi, untuk mengembalikan temperatur smartphone kamu kedalam keadaa normal kamu bisa menginstall aplikasi pendingin suhu smartphone.

17. LAKUKAN UPDATE  APLIKASI SECARA REGULER !

Setiap update aplikasi pasti ada pembaharuan dari para developer aplikasi tersebut. Mungkin dengan penyempurnaan pada versi terbaru aplikasi akan mengurangi konsumsi baterai. Itulah mengapa aplikasi smartphone kamu harus diupdate secara reguler.

18. BUAT BATERAI CADANGAN

Trik ini merupakan solusi terbaik jika kamu sedang kehabisan baterai dan lupa membawa powerbank. Jika kamu menggunakan tips ini jangan lupa untuk mengisinya sampai penuh terlebih dahulu.

19. MEMATIKAN SINYAL

Jika kamu sedang berada didaerah dengan sinyal yang lemah atau sama sekali tidak mendapatkan sinyal, saran saya untuk mematikan sinyal hp kamu tersebut dengan menon-aktifkan SIM Card smartphone kamu.
Pada sistem smartphone, jika dalam keadaan tidak ada sinyal biasanya smartphone akan terus menerus mencari sinyal. Proses tersebut memakan daya baterai yang signifkan.
Karena itu sebaiknya untuk mematikan sinyal smartphone kamu, lalu mengaktifknya kembali jika merasa sudah berada wilayah dengan sinyal yang baik.
Atau jika kamu mau repot menonaktfkan sinyal SIM Card kamu, kamu bisa mengaktifkan Mode Pesawat. Mode ini otomatis akan mematikan semua sinyal yang ada dismartphone kamu sampai kamu mengaktifkannya kembali.

20. GUNAKAN BATERAI ORIGINAL ATAU ASLI

Ini merupakan aturan utama jika kamu ingin baterai smartphone kamu tahan lama. Sangat penting untuk menggunakan baterai pabrikan smartphone kamu yang original. Mungkin kamu juga bisa membedakna bagaimana kualitas barang tiruan dan barang asli.

Faktanya tidak ada aplikasi yang bisa menghemat baterai namun kamu bisa mencoba tips ini untuk memonitoring lamanya baterai smartphone kamu akan bertahan. Informasi tersebut bisa membuat keputusan kamu kapan harus mengisi baterai smartphone kamu. semua penjelasan diatas bisa menjadi pengetahuan tentang baterai smarphone yang kamu miliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel