Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini



Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini

Assalamu'alaikum wr wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tautan mengenai perangkat keras keluaran (output) yang sebelumnya perangkat keras proses (Process) di artikel sebelumnya mudah mudahan bermanfaat bagi antum semua. Daripada buang waktu langsuang aja yukk..
Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini


a. Monitor
Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini

Monitor merupakan salah satu jenis perangkat yang sangat populer dalam dunia komputer. Tampilan fisik monitor menyerupai layar televisi. Monitor termasuk alat output yang termasuk softcopy device, artinya hasil output process hanya akan terpampang pada layar, tidak di cetak dalam kertas.
Terdapat dua jenis unit layar tampilan yang biasa digunakan untuk komputer.

1) Layar monitor berbentuk pipih atau sering disebut LCD (Liquid Crystal Display), umumnya digunakan pada komputer notebook, namun saat ini juga sudah mulai dipakai untuk PC desktop.

2) Layar monitor tabung atau disebut CRT (Carthode Ray Tube) yang terbentuknya mirip televisi.

Terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi layar, seperti:
1) CGA (Colour Graphics Adapter) 640 x 200 piksel

2) EGA (Enchanced Graphics Adapter) 640 x 480 piksel

3) VGA (Video Graphics Array) 640 x 480 piksel

4) SVGA (Super Video Graphics Array) 800 x 600 dan 1024 x 768 piksel

5) XGA (Extended Graphics Array) 2048 x 2048 piksel.

Jadi, semakin besar resolusi sebuah monitor maka semakin halus dan bagus kualitas gambar atau tampilan yang dihasilkan.

b. Printer
Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini

Printer merupakan media output dari komputer yang bisa menghasilkan tulisan, gambar, ataupun grafik, dalam media kertas. Banyak sekali jenis perinter yang bisa di temukan, baik dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas ataupun teknik pengoperasiannya. Untuk menghubungkan printer dan komputer dibutuhkan kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer melalui USB. Saat ini, merek produk printer yang sering digunakan, di antaranya Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan lain-lain.

Terdapat 3 macam teknologi printer yang ada pada saat ini.

1) Printer dot-matrix, printer ini sudah jarang dipakai oleh kalangan masyarakat saat ini. Hal ini disebabkan karena jenis printer ini hanya bisanya digunakan untuk melakukan printer yang hanya berupa tulisan saja. Printer ini membentuk tulisan dan gambar dari dot-dot (titik-titik) yang dicetak. Warna yang dihasilkan pun tergnatun tinta print yang digunakan. Pada saat terjadi percetakan, printer akan mengeluarkan suara yang cukup keras oleh penggerakan jarum diatas kertas. Resolusi printer ini pun hanya berupa 9 hingga 24 dpi, sehingga hasilnya pun kurang baik.

2) Printer inkjet, disebut juga bubble jet. Teknik pencetakan pada printer inkjet dilakukan dengan menyemburkan tinta cair melalui nozzles (pipa semprot) yang terletak pada head. Head printer akan membentuk karakter-karakter yang diperintahkan komputer dengan suara pelan. Pengisian ulang tinta printer jenis ini menggunakan cartridge, yaitu wadah kotak khusus yang berisi tinta. Namun, pengisian tinta secara berulang-ulang dan terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada printer.

3) Printer Laser, menggunakan teknologi laser jet dengan menggabungkan cahaya, panas, listrik, dan tekanan sehingga menimbulkan tingkat kehalusan karakter dan resolusi cetak menyerupai mesin fotokopi.


c. Speaker
Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini

Speaker merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dari dalam komputer melalui media speaker. Speaker menghasilkan suar digital seperti musik, film, dan efek suara lainnya. Speaker juga memiliki beberapa fitur yaitu equalizer, seperti bass dan kontrol getar, untuk menghasilkan kualitas suara yang bagus

d. LCD Proyektor
Perangkat Keras Keluaran (Output) Terbaru Tahun ini

LCD Proyektor adalah salah satu perangkat komputer yang digunakan untuk mengeluarkan/memperbesar tampilan layar di laptop ataupun komputer menjadi lebih besar melalui media cahay dari LCD proyektor itu sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel