Akibat Jika Suhu Laptop Terlalu Panas dan Banyak Debu

Akibat Jika Suhu Laptop Terlalu Panas dan Banyak Debu - Laptop yang terlalu panas atau dalam bahasa inggrisnya laptop overheating memang menyebalkan, selain menggangu aktifitas mengetik, overheat dapat merusak hardware di dalam laptop mu karena tidak mampu menahan panas yang sangat berlebih. Lalu apa sajakah penyebab dan akibatnya? lewat artikel ini saya akan mencoba membagikan ide ide yang ada di otak saya, cekidot ya!!.
Akibat Jika Suhu Laptop Terlalu Panas dan Banyak Debu

Debu Si Sumber Masalah
Debu itu ibaratkan api, kata pepatah "kecil jadi kawan,besar jadi lawan" CMIIW ya gan :D, ya memang awalnya debu itu kecil dan menyebar, namun jika dibiarkan ia akan bertumpuk-tumpuk bagaikan virus yang menyebar, ia menghinggapi heatsink dan pendingin laptop yaitu di lubang anginnya, dan ujung-unjungnya ini juga yang menyebabkan overheat atau suhu berlebih pada laptop.

Dapat merusak Hardware Laptop Kamu
Mengetahui apakah laptop penuh debu atau tidak gampang gamoang susah, susah bagi yang casing laptopnya susah dibuka dan gampang bagi yang mudah dibuka, jika casing laptop kamu mudah dibuka,kamu dapat lebih leluasa membersihkan debu yang menempel. Namun bagi yang susah membuka casing atau yang malas perlu berhati-hati, pasalnya debu tersebut dapat menghambat kinerja kipas prosessor.

debu dapat merusak hardware

Akibatnya adalah suhu laptop akan meningkat secara drastis, dan untuk beberapa laptop, biasanya laptop tersebut akan otomatis mati ketika laptop terlalu overheat, seperti teman saya waktu bermain pes dan laptopnya tiba-tiba mati. Jika dibiarkan, masalah ini menggangu kinerja Hardisk dan RAM bahkan merusaknya!.

Solusi Yang Dapat Kamu Coba
 Sekarang banyak cara yang dapat kamu coba agar laptop kamu bebas dari debu, seperti meniup dalaman laptop dengan angin mesin compressor,namun sedikit berisiko, ada baiknya kamu menggunakan dust cleaner yang bisa kamu cari di toko ataupun situs online. Dengan alat itu kamu yang sulit membuka casing laptop,hanya perlu membersihkannya di cela-cela tertentu seperti lubang fentilasi angin ataupun di sela-sela keyboard.

Nah untuk mengecek suhu laptop, kamu perlu mendownload aplikasi bernama speedfan yang bisa dicari di google untuk membandingkan suhu laptop kamu sebelum dan sesudah dibersihkan. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel