Berbagai Macam Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran



                Assalamualaikum wr wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tautan mengenai Berbagai Macam Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran, mudah-mudahan bermanfaat bagi antum semua.

A. Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu tugas-tugas sehari-hari pengguna komputer. Karena kebutuhan manusia yang banyak, program komputer yang diciptakan manusia juga banyak. Hal ini tentu untuk mempermudah segala kebutuhan manusia. Berikut ini beberapa contoh perangkat lunak aplikasi.

                1. Perangkat Lunak Pengolah Kata

Berbagai Macam Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Aplikasi pengolah kata, umum digunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering dilakukan. Aplikasi ini dapat melaukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), dan jenis hururf (font). Dokumen yang ditulis lebih rapi, jika terjadi kesalahan dapat dikoreksi kembali, dapat disimpan sehingga dapat diambil ketika diperlukan kembali, dan dapat dicetak di atas kertas. Dokumen yang biasa ditulis menggunakan perangkat lunak pengolah kata diantaranya makalah, skripsi, laporan kegiatan, dan surat resmi. Perangkat lunak pengolah kata yang populer saat ini adalah Microsoft Word, Open Office Writer, dan Office.

                Perangkat lunak pengolah kata memiliki beberapa keuntungan seperti berikut ini.
a. Tulisan atau naskah yang ditulis memakai program ini akan tersusun rapi.
b. Tulisan tersebut dapat dikoreksi setiap saat jika terdapat kesalahan.
c. Huruf yang digunakan beragam.
d. Hasil tulisan dapat disimpan di komputer dan dapat dibuka kembali jika diperlukan.
e. Hasil tulisan dapat dicetak di atasa kertas.

                2. Perangkat Lunak Pengolah Angka

Berbagai Macam Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Pengolah angka biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu. Oleh karena lembar kerjanya berbentuk tabel-tabel, perangkat lunak ini juga berfungsi sebagai pembuat tabel. Perangkat lunak ini dapat diaplikasikan pada pekerjaan pengolahan statistik, perhitungan matematis, dan analisis keuangan dan pemasaran. Perangkat lunak angka yang saat ini populer digunakan adalah Microsoft Excel dan Calc pada program Open source.

                Berikut ini fungsi perangkat lunak pengolah angka.
a. Membuat tabel sederhana.
b. Melakukan perhitungan yang melibatkan fungsi.
c. Membuat grafik yang disertai keterangan.
d. Membuat basis data sederhana.

                3. Perangkat Lunak Pengolah Basis Data


Isitlah "database" berawal dari ilmu komputer. Basis data (database) adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain, sehingga membentuk data untuk menginformasikan satu perusahaan dan instansi. Basis data juga merupakan landasan bagi pembuatan dan pengembangan program aplikasi. Oleh sebab itu, basis data harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembuatan program lebih mudah dan cepat. Basis data merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi karena merupakan basis dalam menyediakan informasi bagi para pemakai.

a. Microsoft Access

Micrososft Office Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2010.

b. MS SQL Server

Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk microsoft. Umumnya, SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering. Pada versi sebelumnya, MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses internet pada tanggal 25 Januari 2003.

c. Oracle

Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri atas kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merek perangkat keras komputer (platform).

Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
d. MySql
MySql adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa inggris : database management system) atau DBMS yang multithread, multiuser, dengan sekitar 6 juta instansi di seluruh dunia.

                4. Perangkat Lunak Pembuat Presentasi

Berbagai Macam Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran

Tujuan melakukan presentasi adalah untuk memaparkan suatu ide atau mengenalkan suatu produk pada publik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara agar presentasi yang disajikan dapat dipahami dan diterima. Untuk mencapai usaha tersebut, ide atau produk harus berkualitas dan dibutuhkan pula cara penyajian presentasi yang menarik. Oleh karena itu, biasanya pembicara harus memiliki kemampuan untuk mengemukakan ide-idenya di depan publik. Selain itu, bahan-bahan yang akan dipresentasikan pun harus dikemas semenarik mungkin. Kemajuan ilmu dan teknologi komputer dapat membantu untuk mengemas bahan presentasi tersebut menjadi lebih menarik. Saat ini, di pasaran telah banyak software-software untuk memenuhi kebutuhan tersebut, diantaranya Microsoft Power Point.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel